APA ITU CUSTOM CONTENT?

            Custom content adalah suatu konten yang diciptakan oleh pemain selain konten resmi dari EA. Custom content sangat mirip dengan Store Content, yang berbeda hanyalah pembuatnya. Store Content dibuat secara oleh EA dan didapatkan dari situs resmi The Sims 3, yaitu thesims3.com. Sedangkan Custom Content, seperti yang sudah dijelaskan pada kalimat pertama, dibuat oleh pemain atau orang selain EA dan biasanya dapat ditemukan di situs-situs tertentu dan blog pembuatnya.

            Custom Content atau biasa disingkat CC merupakan konten yang cukup diminati pemain The Sims 3 dan sudah ada sejak The Sims pertama ada. Tetapi ada pula kekurangan dari CC ini, antara lain dikarenakan buatan pemain sehingga tidak terjamin bersih dari virus dan terkadang dapat membuat permainan error. Selain itu menggunakan CC dikhawatirkan dapat membuat permainan menjadi sering loading alias lagging. Hal ini membuat banyak pula orang yang tidak mau memakai CC walau dari situs yang sudah cukup terpercaya.




! IMPORTANT NOTE !
            Seperti yang tertera pada paragraf diatas, CC dikhawatirkan dapat membuat permainan error. Terkadang masalah ini dapat disebabkan dengan ketidaktelitian pemain terhadap CC. Setiap CC yang ingin digunakan harus dicek kecocokannya dengan sistem permainan yang dimiliki pemain.
Yang perlu diperhatikan:

1.                  Game Version
Beberapa CC dapat digunakan dengan versi game atau patch yang spesifik. Ini sangat penting diperhatikan. Ada pula CC yang membutuhkan expansion pack atau stuff pack yang spesifik. Pastikan CC yang ingin digunakan cocok dengan versi game dan expansion/stuff pack yang dimiliki. Biasanya semua tertulis dalam halaman situs ketika kita ingin men-download CC.

2.                  Default Replacement/Not Default Replacement
Terkadang CC yang ingin digunakan adalah default replacement, yaitu CC yang menggantikan sesuatu yang awalnya sudah ada pada permainan. Misalnya skin default replacement, yaitu CC yang mengganti semua kulit sim yang dibuat seperti pada CC secara otomatis dan kita tidak dapat menggantinya sebelum menghapus CC tersebut. Perlu diingat tidak semua CC adalah CC yang memiliki fitur default replacement.

3.                  Conflict
CC yang memiliki fitur default replacement akan menggantikan sesuatu yang awalnya sudah ada permainan. Ini membuat terkadang permainan error karena menggunakan 2 atau lebih CC yang menggantikan file yang sama. Misalnya ‘Plumbobmod’ adalah CC yang mengganti warna kulit sim secara otomatis menjadi warna hijau sedangkan ‘Bloodmod’ adalah CC yang mengganti warna kulit sim secara otomatis menjadi warna merah. Jika menggunakan CC ini secara bersamaan maka yang dihasilkan adalah error pada permainan. Biasanya error tersebut berupa freezing, yaitu layar yang tidak dapat digerakkan, dan black screen, yaitu layar yang full warna hitam. Maka dari itu harus pastikan CC tidak menimbulkan konflik dengan CC lain, serta yang paling penting adalah terkadang CC dapat menimbulkan konfilk dengan CC lain walaupun bukan default replacement.

4.                  Where to look in-game
Yang dimaksud disini adalah pemain harus mengetahui dimana suatu CC dapat ditemukan ketika bermain. Contohnya, CC berupa rambut (hair) dapat ditemukan di tab ‘Hair’ pada Create-A-Sim tapi terkadang bisa pula berada pada tab ‘Hair Accessories’. Biasanya ini juga tertulis dalam halaman situs ketika ingin men-download CC.

5.                  Jenis file
Ini juga penting. Kamu harus tahu file itu berbentuk apa. Bentuk file yang sering kau temui ketika men-download CC antara lain zip, rar, package, sims3pack, sim, dan world. Jangan sampai menggunakan cara install yang salah karena kesalahan sendiri ketika melihat jenis file.

CARA INSTALL CUSTOM CONTENT

            Sama seperti permainan, CC juga membutuhkan proses installation sebelum digunakan. Berikut adalah cara install CC berdasarkan tipenya…
.ZIP/RAR
Ini bukanlah CC. Biasanya didapat setelah men-download CC yang berisi lebih dari satu CC atau
biasa disebut set. Tidak perlu panik. Yang dilakukan hanyalah meng-extract file tersebut dengan extractor, seperti Winrar/Winzip dan IZArc. Berikut cara meng-extract file zip/rar:
1. Pastikan pada laptop/komputer terdapat extractor
2. Klik kanan file zip/rar yang ingin di extract
3. Klik ‘extract here’ atau ‘extract to …
Dan tadaa…! Pasti sekarang sudah ada file dengan jenis seperti dibawah ini.

.PACKAGE
            Ini merupakan bentuk CC yang cukup sering ditemui, terutama ketika men-download dari situs tidak resmi seperti blog. Berikut cara meng-install file berbentuk .package:
1.      Download Framework Setup (Sumber: Modthesims)


2.      Buka Documents\Electronic Arts\The Sims 3 (folder My Document)
3.      Copy Framework Setup yang tadi di-download ke folder Document
4.      Klik kanan Framework Setup dan klik ‘extract here’ [Dapat dilihat bahwa setelah itu sebuah folder baru muncul bernama ‘Mods’]
5.      Cek isi folder Mods [Pastikan berisi folder Overrides dan Packages serta Resource.cfg]
6.      Cek isi folder Packages [Pastikan berisi noBuildSparkles.package dan nointro.package]
7.      Delete file NoBuildSparkles.package dan nointro.package
8.      Copy file CC (.package) yang ingin digunakan ke folder Documents\Electronic Arts\The Sims 3\Mods\Packages


.SIMS3PACK
            File yang berbentuk sims3pack juga sering ditemui, terutama saat men-download dari situs resmi atau semi-resmi (seperti The Sims Resource). Berikut cara install file .sims3pack:
Cara 1: Klik dua kali (double-click) file .sims3pack yang ingin di install kemudian Launcher akan terbuka dan proses installation akan dimulai. Tunggu hingga selesai kemudian klik ‘OK’

Cara 2:
1.      Buka C:\Users\(nama komputer)\Documents\Electronic Arts\The Sims 3\Downloads
2.      Copy file .sims3pack ke folder tersebut
3.      Close folder (lakukan tahap ini agar dapat terbaca ke Launcher)
4.      Buka Launcher
5.      Klik tab ‘Downloads’ pada Launcher
6.      Checklist pada CC yang ingin di install
7.      Klik ‘Install’
8.      Tunggu hingga proses selesai kemudian klik ‘OK’

.SIM
            CC jenis ini hanya dapat ditemui pada sim atau custom sim. Berikut cara install .sim:
1.      Buka C:\Users\(nama komputer)\Documents\Electronic Arts\The Sims 3\SavedSims
2.      Copy file sim ke folder tersebut

.WORLD
            Seperti namanya, CC ini hanya terdapat pada custom world walaupun terkadang custom world juga berjenis sims3pack. Berikut cara install .world:
1.      Buka C:\Program Files\Electronic Arts\The Sims 3\GameData\Shared\NonPackaged\Worlds
2.      Copy file .world ke folder tersebut

CARA MENGHAPUS CUSTOM CONTENT

            Sudah bosan dengan CC yang dimiliki? Merasa tidak puas dengan CC yang dimiliki? Saatnya untuk menghapusnya! Berikut cara menghapus CC berdasarkan jenisnya…

.PACKAGE
Delete file .package di folder Documents\Electronic Arts\The Sims 3\Mods\Packages

.SIMS3PACK
1.      Buka Launcher
2.      Klik tab ‘Installed Content’
3.      Checklist pada CC yang tidak diinginkan
4.      Klik tombol ‘Uninstall’
5.      Tunggu hingga proses selesai kemudian klik ‘OK’

.SIM
Delete file .sim di folder C:\Users\(nama komputer)\Documents\Electronic Arts\The Sims 3\SavedSims

.WORLD
1.      Delete file .world pada folder C:\Users\(nama komputer)\Documents\Electronic Arts\The Sims 3\InstalledWorlds
2.      Buka folder C:\Users\(nama komputer)\Documents\Electronic Arts\The Sims 3\WorldCaches
3.      Delete semua file dalam folder tersebut


SITUS POPULER UNTUK DOWNLOAD CC

            Kami menemukan beberapa situs populer yang memuat CC secara gratis untuk di-download. Kamu bisa temukan list lengkap situs CC kami di:



Guide ini dibuat oleh admin CatPerson
Terima kasih kepada ModTheSims dan Sims Wiki
Dilarang mencuri foto tanpa izin