Mendengar namanya mungkin ada yang tidak familiar, ada pula yang familiar. Admin adalah seorang Sims machinimator (pembuat machinima dari The Sims Series) sehingga ingin berbagi pengalaman dan tips trik membuat machinima!

APA ITU MACHINIMA?

“Machinima is the use of real-time computer graphics engines to create a cinematic production. Most often video games are used to generate the computer animation. Machinima-based artists, sometimes called machinimists or machinimators, are often fan laborers”
Wikipedia, Machinima

Artinya:
“Machinima adalah penggunaan grafik mesin komputer untuk membuat sebuah produksi film (sinematik). Video games paling sering digunakan untuk menghasilkan animasi komputer. Pembuat machinima, biasa disebut dengan machinimist atau machinimator, biasanya adalah penggemar.”

Berdasarkan informasi dari Wikipedia diatas dapat disimpulkan bahwa Machinima adalah sebuah film yang dibuat dari video game. Machinima sendiri pun sering disebut Virtual Filmmaking (Pembuatan film secara virtual). Machinima tidak harus menggunakan The Sims 3, banyak game lain yang biasa dibuat machinima, seperti Second Life, The Movies, Quake, World Of Warcraft, dan masih banyak lagi.

Pada The Sims Series, yang menjadi tempat shooting adalah neighbourhood (dunia) Sims dan yang menjadi aktor/aktris adalah Sims kita sendiri. Singkatnya, kita merekam permainan The Sims 3 dengan sebuah cerita (seperti plot film). Tetapi tidak semudah itu dalam pembuatannya. Perlu kerja keras, kreativitas, dan kesabaran yang tinggi.

Oh, ya, sekedar ingin menambahkan tips sedikit. Admin pernah mencoba mereka The Sims 3 dengan in-game recording (Klik ‘V’ ketika bermain – kalau tidak salah) nah yang dihasilkan berkualitas buruk, maka dari itu admin berdasarkan rekomendasi suatu situs machinima yang mengatakan Fraps (sebuah game recording juga) dapat menghasilkan gambar HD.

Admin mencoba Fraps tapi software nya terlalu berat sehingga The Sims 3 selalu lagging (bergerak lama sekali) ketika merekam. Kemudian mencoba mencari alternatif, dan bertemu lah dengan… Bandicam! Bukan ingin iklan tapi jujur saja Bandicam lumayan untuk merekam The Sims 3 walau hasil tak sebagus Fraps.

KEMUDAHAN & KESULITAN DALAM PEMBUATAN MACHINIMA

Walaupun baru sekitar 1 tahun bergelut dengan Sims Machinima, tetapi admin akan mencoba memberikan informasi berdasarkan pengalaman. Untuk kesulitan admin akan mencoba memberikan tips yang mungkin bisa membantumu! Berikut kemudahan dan kesulitan dalam membuat machinima:

Kemudahan:

1.      Kita sebagai Penguasa Kontrol

Dikarenakan kita yang menjadi penguasa kontrol permainan, maka dengan mudah kita dapat membuat aktor dan aktrisnya melakukan apa yang kita minta tanpa tolakan ataupun dipengaruhi ‘mood’ si aktor. Pakaian dan penampilan serta latar tempat shooting nya pun kita yang mengatur.

2.      Tanpa biaya dan bisa dilakukan sendiri

Selain pembelian permainannya dan pembelian software edit video dan perekam, semuanya gratis. Lagipula sekarang permainan dan software sudah beredar luas di internet yang versi bajakan alias gratis. Selain itu karena kita melakukannya hanya dengan duduk di depan komputer kita dapat mengerjakan hampir semuanya sendiri, mulai dari pembuatan aktor/aktris (walau terkadang lebih mudah memakai yang sudah jadi), menata ruang dan barang-barang keperluan shooting, proses merekam adegan, hingga editing video. Kecuali jika ingin membuat film 'voice-over' maka kamu membutuhkan orang lain untuk menjadi pengisi suaranya.

3.      Video-manipulation

Zaman sekarang semua sudah canggih dan banyak orang membuat teknologi untuk memudahkan manusia dalam melakukan sesuatu, sama seperti video-manipulation, atau yang berarti manipulasi video. Tidak hanya foto yang bisa dimanipulasi di Photoshop, akan tetapi video juga terkadang di-edit secara ‘ hampir menyeluruh’ ketika proses editing.

4.      Kepuasan setelah film selesai

Biasanya setelah semua proses pembuatan film selesai (hingga editing) pasti kita akan menonton film tersebut, sebelum orang lain menonton. Nah, biasanya ada sedikit rasa bangga (walaupun tahu film itu masih belum bagus) berkat hasil kerja keras. Untuk beberapa orang, rasa bangga ini membuat kita ingin bikin film lagi dan lagi sehingga dampak positifnya membuat seseorang menjadi tidak pantang menyerah.

Kesulitan:

1.      Mods, Pose, dan Animation yang masih terbatas jumlahnya

Dalam pembuatan machinima kamu akan mengenal yang namanya ‘mods’, ‘pose’, dan ‘animation’. Mods adalah sesuatu yang dapat memudahkan seseorang dalam suatu hal. Misalnya dalam pembuatan machinima dibutuhkan mods Nraas Animator. Mod ini berfungsi memudahkan dalam membuat Sims melakukan suatu gerakan sesuai permintaan kita.


Nah yang menjadi kesulitan adalah terbatasnya variasi Pose dan Animation saat ini. Memang jika kau membuka situs My Sims 3 Poses maka akan menemukan ratusan Pose dan Animation, tetapi terkadang ada beberapa adegan yang kita inginkan terjadi di dalam film tapi tidak tersedia Animation/Pose-nya. Maka kita harus menggunakan alternatif lain untuk menggantikan adegan yang tidak bisa dilakukan itu.

TIPS: Ada beberapa pembuat Pose dan Animation yang membuka kesempatan untuk seseorang membuat request atau permintaan terhadap suatu Pose/Animation. Jadi, misalnya kita butuh Animation Sims sedang memanjat tiang maka kamu bisa meminta pembuat Animation untuk membuatkan Animation tersebut.

Sayangnya pembuat Animation/Pose yang bersedia saat ini sangat jarang dan bisa dihitung jari jumlahnya. Terkadang mereka juga akan memilih – milih permintaan yang ingin dipenuhi. Pembuat Pose/Animation yang membuka request yang mimin ketahui adalah Kiddo tapi ia hanya menerima Pose.

2.      Banyak CC membuat permainan menjadi lama

Untuk membuat film yang bagus terkadang memerlukan barang-barang khusus yang tidak ada di permainan sehingga kita harus men-download Custom Content (CC). Jika film yang direncanakan panjang, dikhawatirkan memerlukan banyak CC pula yang dapat membuat permainan menjadi lama sekali jika loading dan suka freezing (layar tidak bisa digerakkan) ketika bermain. 

TIPS: Jangan langsung install semua CC. Perkirakan kira-kira saat itu kamu ingin merekam adegan yang mana dulu. Jika telah menentukan adegan yang ingin direkam, install hanya CC yang diperlukan untuk adegan itu. Jika adegan tersebut telah selesai dan ingin merekam adegan lain, uninstall dulu CC yang tidak diperlukan kemudian baru install lagi CC yang dibutuhkan dalam adegan selanjutnya.

3.      Sulit menemukan ide plot film

Hal ini sering ditemui oleh para machinimator, terutama yang membuat machinima untuk mengikuti perlombaan/festival. Mereka diharuskan membuat machinima dengan batas waktu tertentu. Bahkan ada beberapa perlombaan (tidak semua) yang mencanangkan suatu tema khusus, misalnya ‘Adventure’ atau ‘Romance’. Terkadang kita bisa sampai frustasi karena bingung mau membuat apa.

TIPS: Pertama, tenangkan diri… Oke… Sudah? Sekarang coba cari ‘The Sims 3 Machinima’ di Google/Youtube maka kamu akan menemukan banyak contoh machinima yang pernah dibuat machinimator sebelumnya. Alternatif kedua, coba cari “Short Film Festival” dan tonton beberapa film pendek juara di beberapa penghargaan, seperti Academy Award for Best Animated Short Film. Mudah-mudahan kau dapat inspirasi!

4.      Memerlukan kerja keras dan kesabaran yang tinggi

Pembuatan machinima bukan hal yang bisa dianggap enteng. Machinima sama seperti film live action biasa yang memerlukan otak bekerja keras serta kesabaran. Loading The Sims 3 yang lama atau animation/pose yang tidak sesuai harapan dapat membuat kita stress. Terkadang pada tengah-tengah pembuatan film kita diterjang rasa malas yang sangat tinggi dan memutuskan untuk berhenti membuat film.

TIPS: Sama seperti di nomor 3, yang pertama harus kau lakukan adalah tenangkan diri terlebih dahulu. Menurut suatu penelitian kita dianjurkan setiap 2 jam mengalihkan pandangan dari elektronik (karena radiasi) untuk melihat pepohonan/tanaman yang hijau. Setelah itu coba istirahat diri dulu minimal 30 menit untuk merilekskan kembali otak.

            Kira-kira berikut beberapa hal yang menjadi kemudahan dan kesulitan dalam pembuatan machinima. Semuanya tergantung pada pribadi pembuatnya masing-masing. Nah, pada ‘Kesulitan’ nomor 3, mimin menyebutkan perlombaan/festival machinima. Hal ini beneran ada, lho. Berikut beberapa festival machinima:

NAMA FESTIVAL
WAKTU PELAKSANAAN
JENIS MACHINIMA YANG BOLEH IKUT
Sims International Film Festival
Februari – Maret
Juli - September
The Sims 2, The Sims 3, The Sims 4
Machinima Expo
Juni - November
Semua jenis permainan
Machinima Film Festival
Tidak pasti (Juli, November…)
Semua jenis permainan
Machinima Festival Europe
Oktober
Semua jenis permainan

            Jika melihat waktu pelaksanaan festival diatas, saat ini Sims International Film Festival [SIFF] dan Machinima Expo sedang membuka pendaftaran untuk semua orang yang ingin ikut lombanya! Kalau SIFF admin sudah 3 kali ikut dan saat ini juga sedang bersiap untuk ikut juga, sedangkan Machinima Expo belum pernah. Berikut informasi lebih lanjut mengenai keduanya:

Sims International Film Festival
Waktu untuk mendaftar: 1 Juli 2014 – 1 September 2014

Machinima Expo
Waktu untuk mendaftar: 1 Juni 2014 – 1 September 2014


CARA MEMBUAT MACHINIMA

            Admin tidak mungkin menuliskan secara rinci di halaman ini mengenai detail pembuatan machinima, tapi berikut list ke beberapa situs seputar cara membuat machinima, berdasarkan jenis situsnya:





Guide ini dibuat oleh admin CatPerson
Terima kasih kepada Wikipedia, Youtube, Simatography